Sering Makan Makanan Manis Saat Hamil ! Awas Bisa Menyebabkan Bayi Terkena Penyakit Asma


Asma merupakan salah satu kelainan jalan napas yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan jalan napas. Akibatnya, penderitanya akan mengalami sesak atau kesulitan bernapas, yang dapat disertai dengan gejala seperti batuk, sesak, atau mengi. Penyakit ini dapat dipicu oleh beberapa hal seperti zat alergi, bahkan olahraga dan aktivitas fisik.



Asma dapat menyerang berbagai kelompok usia dari dewasa hingga anak-anak. Diperkirakan sebanyak 18.4 juta orang dewasa di Amerika menderita asma, sedangkan jumlah anak-anak yang menderita asma diperkirakan mencapai 6.2 juta di Amerika saja.

Asma dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Namun penelitian baru-baru ini mengaitkan hubungan antara konsumsi gula pada ibu hamil dengan risiko janin yang dikandungnya terkena asma.
Hubungan konsumsi gula dengan asma

Konsumsi gula yang ditambahkan pada makanan dan minuman, serta gula yang secara alami ada pada madu, sirup dan buah-buahan, dapat memicu asma dan alergi. Penelitian membuktikan bahwa sebanyak 38% angka penderita asma lebih tinggi pada mereka yang mengonsumi gula dalam jumlah banyak selama hamil, dibanding yang tidak.

Yang dimaksud konsumsi gula berlebih dalam hal ini adalah konsumsi gula setara dengan lebih dari 5 sendok teh per hari atau 2 kaleng minuman bersoda.

Peneliti masih belum bisa memastikan apa alasan di balik temuan ini. Namun para peneliti memperkirakan bahwa hubungan ini terjadi karena tingginya konsumsi gula pada ibu hamil menyebabkan respon imun alergi berkepanjangan, yang mengakibatkan peradangan pada paru janin yang sedang berkembang. Namun konsumsi gula pada anak-anak ternyata tidak memiliki hubungan terhadap timbulnya alergi dan asma pada anak tersebut.

Hingga saat ini, penyebab pasti dari penyakit seperti alergi dan asma masih belum dapat ditentukan secara pasti, karena asma dan alergi merupakan penyakit yang kompleks dan berhubungan dengan berbagai macam faktor seperti faktor genetik dan faktor lingkungan seperti makanan, bakteri, dan polusi. Sehingga peneliti hingga saat ini masih melakukan berbagai penelitian untuk menghubungkan faktor-faktor yang terkait menjadi pemicu asma.

Ibu hamil harus menghindari konsumsi gula terlalu banyak

Dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa ibu hamil harus menghindari konsumsi gula terlalu banyak saat kehamilan, karena selain menghindari terjadinya asma pada janin, hal ini juga membantu untuk mencegah obesitas dan menghindari gangguan persalinan lainnya pada ibu yang akan melahirkan.

Selain itu, pola makan tidak teratur pada ibu hamil juga dapat meningkatkan risiko terkena diabetes gestasional, yakni suatu bentuk diabetes yang terjadi lebih sering pada ibu hamil yang kelebihan berat badan atau obesitas. Hal ini dapat menyebabkan bayi tumbuh dalam kandungan terlalu besar sehingga mempersulit persalinan, ataupun dapat terjadi preeklampsia.


Bayi-bayi yang lahir dari ibu dengan diabetes gestasional juga cenderung lebih sering memiliki gangguan pernapasan dan kadar glukosa rendah.

Baca Juga : Obat Menopause Dini




Facebook Comment