11 Pengobatan Rumah Untuk Pneumonia Pada Anak-Anak



Pneumonia mengacu pada gangguan pernapasan yang didefinisikan sebagai peradangan paru akibat infeksi virus, jamur atau bakteri. Meskipun tubuh mencegah organisme ini menyerang paru-paru, banyak kali mereka berhasil mengalahkan sistem kekebalan meskipun secara umum sehat.


Biasanya, itu terjadi dalam kondisi ringan yang akan hilang dalam 2-3 minggu. Tapi, itu bisa mengambil tol yang serius dan berakibat fatal, terutama untuk bayi, anak-anak muda, dan orang dewasa di atas usia 65 tahun. Gejala umum pneumonia termasuk demam, batuk, sesak napas, dan menggigil.

Berikut Adalah Beberapa Pengobatan Rumah Yang Mudah Dan Efektif Untuk Mengobati Pneumonia Pada Anak-Anak.

1. Biji Wijen

Biji wijen mengandung magnesium yang membantu dalam kejang saluran napas yang terjadi selama pneumonia lebih jauh meredakan nyeri dada. Panaskan sejumlah kecil biji wijen dengan 3-4 cubitan kamper ditambahkan ke dalamnya. Minta anak Anda menghirup asap untuk membersihkan kemacetan. Cara lain untuk menggunakannya adalah dengan memanaskan 2-3 siung bawang putih yang dihancurkan dalam minyak biji wijen dan menerapkannya di dada.

2. Biji Fenugreek

Rendam dua sendok makan biji fenugreek dalam segelas air semalam. Keesokan paginya, rebus air ini dan didihkan selama 10 menit. Saring dan minta anak Anda untuk menyesap air ini sepanjang hari. Biji-bijian berwarna cokelat ini bekerja untuk mengeluarkan racun, sehingga menghilangkan akar penyebab infeksi paru-paru yang mematikan ini.

3. Bawang putih

Bawang putih adalah antibiotik alami yang memiliki kekuatan untuk membunuh infeksi yang memicu kuman. Anehnya, bakteri baik tetap tak tersentuh oleh bawang putih. Hancurkan 2-3 siung bawang putih dan gunakan pasta yang sudah disiapkan di dada anak Anda. Atau, panggang dan hancurkan 3-4 siung bawang putih dan tambahkan ke minyak zaitun dan panaskan. Menghirup asap untuk menyingkirkan kemacetan.

4. Jahe

Jahe adalah obat rumah yang paling efektif dan sangat dicari untuk berbagai jenis penyakit pernapasan, termasuk pneumonia. Sarat dengan sifat antiseptik, anti-inflamasi, dan anti-bakteri, dapat digunakan dalam bentuk kering atau bahkan segar. Parut jahe segar dan tambahkan jus lemon segar ke dalamnya. Rasa kombinasi dengan satu sendok teh madu menyesap campuran ini secara teratur untuk melawan kemacetan.

5. Kunyit

Bubuk kunyit diketahui mengandung sifat anti-inflamasi, antibakteri, anti-oksidatif, dan antiseptik. Ini juga kaya akan Curcumin dan minyak yang mudah menguap. Campur ½ sendok teh bubuk kunyit ke susu hangat. Sajikan dua gelas susu ini kepada anak Anda setiap hari untuk melawan pneumonia.

6. Kamper

Kamper berisi khasiat yang membantu menghilangkan lendir yang terkumpul di paru-paru. Selain itu, itu juga meredakan batuk. Kamper juga mengandung sifat analgesik dan anti-inflamasi. Minyak atsiri kapur barus mengandung sifat anestetik, antispasmodic, antiseptik, dan dekongestan. Gunakan minyak ini di dada untuk membersihkan saluran udara, memudahkan bernapas, dan mengurangi rasa sakit.

7. Sayang

Sifat antiseptik dan antibakteri madu sangat menakjubkan. Campur satu sendok teh madu dalam 200 ml air suam-suam kuku. Sajikan 3-4 gelas air seperti itu kepada anak pneumonia Anda pada siang hari. Untuk hasil yang lebih baik, tambahkan satu sendok makan jus lemon ke air.

8. Basil Kudus

Hancurkan beberapa daun kemangi suci dan tambahkan minyak eucalyptus ke dalamnya. Minta anak Anda untuk menghirup asap untuk mengatasi kemacetan. Daun basil mengandung kekuatan untuk menghilangkan dahak dan zat catarrhal yang terkumpul dalam tabung bronkial. Selain itu, itu juga membantu dalam menghilangkan lendir sehingga membuat jalan untuk paru-paru yang dekong.

9. Dandelion

Dandelion mengandung sifat anti-inflamasi dan antibiotik yang membuatnya menjadi obat alami yang efektif untuk pneumonia. Selain mengurangi peradangan dan rasa sakit, itu juga melawan kuman yang menyebabkan pneumonia. Tambahkan beberapa daun bunga dandelion ke air dan didihkan selama sepuluh menit. Saring dan gunakan rebusan ini untuk memerangi pneumonia.

10. Apel

Seperti dikatakan, “Apple Sehari Menjaga Dokter Jauh.” Tingkat antioksidan yang luar biasa dalam apel bersama dengan flavonoid bekerja untuk memperkuat paru-paru. Quercetin, antioksidan yang terkandung dalam jus apel, meningkatkan dan membentengi sistem kekebalan tubuh sehingga memberikan pemulihan lebih cepat.

11. Jus Bit

Beetroot mengandung antioksidan kuat, fungisida, dan agen anti-inflamasi. Oleh karena itu, jus bit menenangkan dan menyembuhkan rasa sakit yang dialami selama pneumonia. Memberi jus bit kepada anak Anda membantu membersihkan dahak yang terkumpul di paru-paru sehingga membuatnya lebih mudah untuk bernafas.




Facebook Comment