Jenis Olahraga Yang Dapat Menyembuhkan Penyakit Asma Paling Efektif




Penyakit asma secara keseluruhan bukan penyakit yang dapat disembuhkan total. Penyakit yang menyerang saluran pernapasan dan merupakan penyakit keturunan ini sewaktu-waktu dapat kambuh jika seseorang yang mengidap jenis asma berdekatan dengan pemicunya. Semakin sering dan semakin banyak pemicu asma berada di lingkungannya maka pengidap asma dapat berubah menjadi penderita asma kronis. Beberapa pemicu penyakit ini yang menjadi pantangan asma, antara lain :
  • Debu
  • Bulu-Bulu Halus
  • Asap
  • Lingkungan Yang Dingin
  • Stress
  • Makanan Mengandung Bahaya Msg
  • Dampak Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan
  • Kacang
  • Coklat
  • Dan Lain-Lain

Tidak semua hal di atas dapat memicu penyakit asma kambuh. Pada seseorang hanya salah satu ada beberapa hal di atas yang memicunya. Namun, sebagian besar penderita akan mengalami kekambuhan jika bertemu dengan lingkungan yang dingin dan stress.

Selain menghindari pemicu, ada obat asma dengan pengobatan dokter dan alami yang bisa dilakukan agar penyakit asma tidak kambuh. Atau paling tidak jika kambuh, maka penyakit ini tidak kronis. Beberapa olahraga yang dapat menyembuhkan penyakit asma sekaligus mencegah pun dapat diandalkan selama penderita menghindari pemicu di sekitarnya, antara lain:

Jalan Kaki

Jalan kaki dengan santai atau joging diyakini dapat menyebabkan asma seseorang tidak mengalami kekambuhan. Bahkan di saat olahraga, di mana napas menjadi lebih cepat, seseorang tidak akan merasakan penyakit ini ada. Jalan kaki yang dianjurkan juga tidak perlu dilakukan lama. Cukup seminggu 3 kali dengan lama olahraga sekitar 20 menit. Olahraga jalan kaki ini salah satu dari 15 cara mengatasi stres super ampuh. Apalagi jika dilakukan bersama dengan orang terdekat.

Yoga

Yoga adalah olahraga pernapasan dengan banyak manfaat. Seorang yang menderita asma dan berlatih cara yoga untuk pemula setiap hari dengan gerakan yang tepat akan melatih pernapasannya dengan baik. Dengan demikian, ketergantungan akan obat-obat asma dari dokter akan semakin berkurang. Tidak perlu lagi khawatir asma akan menyerang dengan tiba-tiba di saat yang tidak tepat.

Renang

Olahraga yang umumnya disukai banyak orang. Renang ini diyakini akan mengatasi berbagai penyakit tulang belakang dan asma. Sama dengan yoga, renang membuat seseorang melatih pernapasannya dengan lebih baik. Selain itu gerakan renang dapat mengeluarkan semua lendir yang terdapat dan menutupi paru-paru. Pernapasan akan menjadi lebih lancar. Perlu diperhatikan bahwa memilih kolam renang yang bersih dan tidak banyak mengandung klorin. Biasanya kolam renang seperti ini akan dibersihkan setiap hari. Fungsi klorin membuat kolam menjadi tampak bersih tanpa harus dibersihkan tiap hari dan dapat menimbulkan masalah kesehatan baru.

Bersepeda

Bersepeda juga sangat baik untuk melatih pernapasan, memperkuat otot jantung, memperkuat fisik, dan terapi menghilangkan stres. Dengan demikian sangat cocok bagi penderita asma yang tidak ingin sering kambuh. Namun, jika baru mulai bersepeda jangan langsung memaksakan diri dengan rute yang banyak menanjak dan jauh. Hal ini justru akan memicu asma. Bersepedalah dengan rute aman terlebih dahulu, baru kemudian ditingkatkan perlahan.

Golf

Golf terkenal sebagai olahraga mahal karena memerlukan peralatan dan tempat khusus yang harus dirawat. Ternyata golf ini selain menyenangkan dan sebagai terapi stres merupakan olahraga yang dapat menyembuhkan penyakit asma. Mengapa demikian? Karena seseorang yang berolahraga golf perlu berjalan kaki dari satu tempat ke tempat lain. Perlu diperhatikan lingkungan sekitar tempat bermain. Penderita asma yang alergi dengan serbuk asri atau bunga dapat menemukan pemicunya di lapangan.

Lari

Lari dengan kecepatan sedang dan trek yang pendek tidak akan membuiat penyakit asma kambuh. Jika pertama kali melakukannya, lakukan dengan santai dan dengan jarak yang pendek. Jarak, seperti halnya sepeda, dapat ditambah atau ditingkatkan perlahan.

Tenis

Tenis lapangan dapat mengatur pernapasan. Karena di lapangan, seseorang dapat mengatur irama gerakannya sendiri, seperti berjalan cepat, berlari kecil, dan mengayunkan raketnya. Carilah partner yang memahami kondisi asma yang dialami, sehingga permainan berjalan menyenangkan bagi kedua pihak.

Bulu Tangkis

Bulu tangkis adalah olahraga raket seperti halnya tenis lapangan. Olahraga ini dapat dianggap lebih ringan dibandingkan tenis. Karena raket dan bola yang digunakan lebih ringan. Sehingga energi yang digunakan untuk olahraga permainan ini lebih sedikit. Fungsi permainan bulu tangkis sama dengan olahraga tenis.

Squash

Squash adalah olahraga mirip tenis dengan bola karet dan raket yang agak lebih berat. Bedanya, lapangan squash lebih kecil dibandingkan tenis. Squash juga dimainkan dalam ruangan. Untuk penderita asma sangat cocok jika di luar udara dingin atau panas berdebu. Permainan squash merupakan olahraga raket yang berfungsi sama bagi penderita asma seperti halnya tenis dan bulu tangkis. Meskipun belum populer di Indonesia, lapangan squash sudah ada di beberapa kota.

Voli

Voli merupakan jenis olahraga permainan dengan tempo permainan yang cukup cepat. Namun, karena permainan dilakukan tim dan lapangan yang tidak luas, maka penderita asma dapat melakukannya. Dalam bermain voli, pengaturan napas dapat dilakukan di sela istirahat.

Demikian beberapa olahraga yang dapat menyembuhkan penyakit asma untuk Anda pertimbangkan dan coba lakukan. Dan yang paling utama, hindari pemicu asma dan bergaya hidup sehat. Semoga bermanfaat dan membantu Anda pulih dari asma.

Jenis Olahraga Yang Dapat Menyembuhkan Penyakit Asma Paling Efektif


Facebook Comment